Honorer Ingin Ada Seleksi Khusus CPNS, Alasannya Apresiasi Kerja Belum Dihargai Layak..

September tahun ini, pemerintah membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebanyak 17.928 di 60 Kementerian/Lembaga dan satu Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Dari angka itu, tak ada satu pun formasi khusus bagi pegawai honorer.

Lantaran itu, Lita, seorang pegawai honorer, menilai seleksi CNPS tahun ini belum sepenuhnya adil. Ia ingin pemerintah bisa membuka jalur khusus agar para pegawai honorer mempunyai kesempatan lebih menjadi PNS.

"Ya, menurutku belum sepenuhnya adil, tapi udah merujuk ke arah keadilan dengan memberikan kesempatan sama dari nol semua. Cuma ya lebih bagus menurutku kalau formasi [lowongan] ditambah, enggak hanya umum dan cum laude, tapi juga formasi buat honorer," terang Lita kepada Tirto Jumat, (8/9/2017).

Lita punya alasan untuk mendukung usulnya kepada pemerintah. Menurutnya, meski berstatus honorer, kinerjanya tak kalah dengan PNS. Bahkan, terkadang, pegawai honorer jauh lebih bekerja keras dibanding mereka yang menyandang status PNS. Sebagai pegawai honorer, ia dan teman-temannya seringkali mendapat pelimpahan kerja dari atasannya..



Atas dasar ini, Lita menilai, tes Computer Assisted Test (CAT) sebagai metode perekrutan tidak menjamin bisa menghasilkan PNS berkinerja baik.

"Yang bagus, ya bagus," kata Lita, sambil menambahkan bahwa tak sedikit PNS yang performa kinerjanya buruk..BACA SELENGKAPNYA

>> FORMASI CPNS HONORER SMA 2017

>> LOWONGAN KERJA GURU LUAR JAWA, REGISTRASI ONLINE DISINI

 

Postingan terkait: