Tunjangan Guru Naik Tahun Depan, Berikut Rincian Lengkapnya

Tren kenaikan anggaran tunjangan profesi guru (TPG) terus berlanjut. Tahun depan anggaran TPG direncanakan sebesar Rp 79,6 triliun atau naik sekitar Rp 4,4 triliun dibandingkan tahun ini.

Persatuan guru republik indonesia (PGRI) mengingatkan akan potensi masalah pencairan karena polemik beban mengajar.

Total anggaran TPG tahun ini sekitar Rp 75,2 triliun. Dengan porsi paling besar untuk guru pegawai negeri sipil daerah (PNSD) yang mencapai Rp 52,8 triliun. Tahun depan rencananya anggaran TPG untuk PNSD bertambah menjadi Rp 58,3 triliun atau naik Rp 5,5 triliun. Dengan target sasaran penerima adalah 3,9 juta guru PNSD.


>> LIHAT RINCIAN TUNJANGAN GURU


Setelah dikurangi alokasi untuk PNSD, sisa anggaran TPG tahun depan masih ada Rp 21,3 triliun. Anggaran itu didistribusikan untuk tiga kelompok guru. Antara lain guru PNS Kementerian Agama (Kemenag) sebanyak 257.209 guru dengan anggaran Rp 11,6 triliun. Lalu untuk guru swasta Kemenag Rp 4,8 triliun serta guru swasta pemda yang anggarannya dikelola Kemendikbud Rp 4,9 triliun.

Mendikbud Muhadjir Effendy menyatakan, kenaikan anggaran TPG tersebut merupakan komitmen pemerintah untuk me­ningkatkan kualitas pendidikan tanah air. Kenaikan itu, lanjut dia, terjadi karena jumlah guru penerima TPG bertambah. Selanjutnya, juga ada kenaikan pangkat guru PNSD yang otomatis.. BACA SELENGKAPNYA

>> RINCIAN TUNJANGAN GURU TAHUN 2018


Postingan terkait: